With SERVE and SMILE

Foto saya
ESIA :(021)9187 9973 XL : 0878 800 525 61 FAX :(021)829 81 78

Selasa, 29 Desember 2009

WISATA ALAM PETULU

IDENTIFIKASI dan DAYA TARIK .
PETULU adalah sebuah desa yang memiliki suatu obyek wisata alam yang khas di Pulau Bali , yaitu tempat bermukimnya ribuan burung Bangau atau yang didalam bahasa setempat disebut KOKOKAN . Wisatawan dapat menyaksikan satu siklus mobilitas burung bangau yang sangat indah dan menarik , dimana setiap pagi hari burung-burung itu meninggalkan lokasi tersebar ke berbagai penjuru untuk mencari makan dan kemudian kembali lagi tiap sore hari untuk bermukim pada malam harinya di berbagai pepohonan didesa tersebut .bahkan di lokasi tersebut , bangau-bangau itu juga mengalami Kasmaran , Kawin , Bersaarang , Bertelur , Beranak . Membesarkan anak dalam satu siklus alamiah yang ada pada umumnya berlangsung sekitar bulan September sampai Januari . Obyek Wisata alam Petulu dikelola oleh Desa Petulu .

LOKASI .
Desa PETULU terletak sekitar 4 Km disebelah Utara desa UBUD atau pada jarak 26Km dari kota Denpasar . Desa Petulu termasuk Kecamatan Ubud , Kabupaten Gianyar .
Pemukiman burung-burung berbulu Putih mulus itu terkonsentrasi pada ratusan pepohonan di kawasan Petulu gunung . Desa Petulu merupakan sebuah desa yang teduh terletak pada ketinggian sekitar 250m di atas permukaan laut .


FASILITAS dan WAKTU KUNJUNGAN .
Desa Petulu belum memiliki tempat penginapan atau Restauran (mungkin karena letaknya berdekatan serta mudah di jangkau dari lokasi wisata Ubud .
Waktu berkunjung yang baik adalah pada saat pagi hari serta Sore hari . Bahkan bagi para peneliti ( Biologi atau Ekologi ) dapat hidup sepanjang hari untuk mengamati secara intensif prilaku burung-burung tersebut .



DESKRIPSI .
Secara historis , awal mula kedatangan burung-burung bangau kedesa itu diperkirakan tahun 1965 . selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar